PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN EMOTIONAL BRANDING TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK, KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS MEREK (SURVAI PADA MEMBER KLINIK KECANTIKAN LARRISA AESTHETIC CENTER, MALANG)

Authors

  • Ratih Prawasti Universitas Brawijaya
  • Achmad Fauzi DH Universitas Brawijaya
  • Srikandi Kumadji Universitas Brawijaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh experiental marketing, dan emotional branding terhadap kepercayaan merek, kepuasan pelanggan dan loyalitas merek. Penelitian ini menggunakan metode analisa kuantitatif. Dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pelanggan perempuan Larissa Aesthetic Center Malang. Pelanggan yang dimaksud adalah konsumen  yang  telah  lebih  dari  sekali  menggunakan  produk  dan  mengunjungi  Larissa  Aesthetic Center Malang.

Sampel yang diambil dengan cara systematic sampling yaitu dengan menarik tiap elemen ke-n dalam populasi yang dimulai dengan elemen yang dipilih secara acak antara 1 dan n. Pengambilan elemen dilakukan sistematis berdasarkan waktu yaitu 10 menit artinya pengunjung yang diberikan kuisioner adalah pengunjung yang datang dalam jarak waktu 10 menit, dengan jumlah sampel 116 orang. Dari hasil analisis SEM diketahui bahwa variabel experiental marketing berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek dan juga kepuasan pelanggan. Sedangkan variabel emotional branding berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek, kepuasan pelanggan dan juga loyalitas merek.

 

Kata kunci : experiential marketing, emotional branding, kepercayaan merek, kepuasan pelanggan, loyalitas merek.

 

The purpose of this study is to explain The influence of experiental marketing, and emotional branding on brand trust, customer satisfaction and brand loyalty. This research use the method of quantitative analysis. With the population used in this study is women customers of Larissa Aesthetic Center Malang. Customer intended is the consumers that has been more than once using the product and visiting Larissa Aesthetic Center Malang.

Sample is taken with systematic sampling method that is with attract each element to -n in the

population  which  begins  with  randomly selected  element between  1  and  n. Element sampling  is conducted systematically based on time which is 10 minute means visitors that given a questionnaire is the visitors who came within 10 minutes, with a number of sample is  116 people. From the SEM analysis it is known that experiental marketing variable has significant influence on brand trust and customer satisfaction. whereas  emotional branding variable has significant influence on brand trust, customer satisfaction, and also brand loyalty.

 

Key Words : experiential marketing, emotional branding, brand trust, customer satisfaction, brand loyalty.

Author Biographies

Ratih Prawasti, Universitas Brawijaya

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Achmad Fauzi DH, Universitas Brawijaya

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Srikandi Kumadji, Universitas Brawijaya

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Downloads