PENGARUH MINAT PRAKTIKUM AKUNTANSI TERHADAP PENERAPAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN PEMAHAMAN AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.profit.2022.-16.01.7

Keywords:

minat praktikum akuntansi, laporan keuangan, pemahaman akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh minat praktikum akuntansi terhadap penerapan pembuatan laporan keuangan dengan pemahaman akuntansi sebagai variabel moderasi. Pada metodologi penelitian, variabel eksogen yang digunakan dalam penelitian ini adalah minat praktikum, variabel endogen adalah penerapan pembuatan laporan keuangan, sedangkan pemahaman akuntansi adalah variabel moderasi. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 110 responden. Teknik pengolahan data penelitian menggunakan pendekatan Pertial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan efek moderasi dan pengujian model empiris menggunakan software WarpPLS dengan menggunakan outer model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat praktikum akuntansi terhadap penerapan pembuatan laporan keuangan, pemahaman akuntansi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penerapan pembuatan laporan keuangan, dan pemahaman akuntansi tidak memoderasi pengaruh minat praktikum akuntansi terhadap penerapan pembuatan laporan keuangan. Hasil ini menunjukkan bahwa pemahaman akuntansi tidak dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh minat praktikum akuntansi terhadap penerapan pembuatan laporan keuangan.

 

 

 

References

Akbar, F. S., & Hidajat, R. S. (2020). Interest of Accounting Students Using Software Accounting as Implementation of Information and Communication Technology Advantages. The International Journal of Business & Management Studies, 12(2).

Jusup, A. H. (2011). Dasar-dasar Akuntansi, Edisi 7, Jilid 1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Keuangan, S. A. (2012). Ikatan Akuntan Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.

Nurunnabi, M. (2017). Auditors’ perceptions of the implementation of International Financial Reporting Standards (IFRS) in a developing country. Journal of Accounting in Emerging Economies, 7(1), 108–133. https://doi.org/10.1108/jaee-02-2015-0009

Rahayu, S. I. (2019). Analisis Faktor-Fator Yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi. Jurnal Pajak, Akuntansi, Sistem Informasi, Dan Auditing, 1(1), 40–57.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (1989). Metodologi penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sugiyono, S. (2008). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, D. H. (2002). Pengantar Bisnis Modern. Liberty Yogyakarta, Yogyakarta.

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06

Widaningrum, N. H., Praptapa, A., Ulfah, P., Ekonomi, F., & Jenderal, U. (2010). Pengaruh Ketersediaan Sarana Pendidikan Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman IFRS Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating Di Fakultas Ekonomi UNSOED. Universitas Stuttgart, 8.

Downloads

Published

2022-01-05