PENGARUH BRAND PERSONALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP BRAND EQUITY SERTA KEPUTUSAN MEMILIH KANDIDAT GUBERNUR PROVINSI JAWA TIMUR PERIODE 2008-2013 (Studi Political Marketing Pada Pemilukada Jawa Timur Putaran Kedua Tahun 2008)

Imam Fauzi Surahmat, Suharyono Suharyono, Srikandi Kumadji

Abstract


Setiap  organisasi  apapun  bentuknya  perlu  melakukan  kegiatan pemasaran untuk memperkenalkan   dan   memasarkan   produknya,   tidak   terkecuali   partai   politik   dalam mengusung kandidat kepala daerah. Pemasaran politik merupakan keniscayaan suistanabilitas eksistensi suatu organisasi politik bertahan dan memenangkan persaingan. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto yang bertujuan untuk menguji konsep pemasaran politik dengan menggunakan bentuk komunikasi   Brand Personality dan Sales Promotion yang diindikasikan berpengaruh terhadap Brand Equity dan keputusan memilih dalam memilih kandidat Gubernur Provinsi Jawa Timur pada Pemilukada Jawa Timur Putaran Kedua Tahun 2008. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh penduduk di Jawa Timur yang mempunyai hak pilih (17 tahun ke atas atau sudah menikah) pada saat pelaksanaan Pemilukada Provinsi Jawa Timur Putaran Kedua tahun 2008. Lebih lanjut, metode pengambilan sampel menggunakan Multistage Random Sampling (MRS) dengan menggunakan kuesioner dan untuk analisis data digunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian ini adalah: 1) Brand Personality berpengaruh signifikan terhadap Brand Equity . 2) Sales Promotion berpengaruh tidak signifikan terhadap Brand Equity . 3) Brand Personality berpengaruh signifikan terhadap Keputusan memilih. 4) Sales Promotion berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan memilih. 5) Brand Equity berpengaruh signifikan terhadap Keputusan memilih.

Kata   Kunci: Pemasaran   Politik,   Brand   Personalit , Sales   Promotion  , BrandEquity, Keputusan memilih


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.