ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS LAYANAN DAN KEMATANGAN SISTEM INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DAN MANFAAT BERSIH

Authors

  • Dedy Ardiansyah Universitas Brawijaya
  • Kertahadi Kertahadi Universitas Brawijaya
  • Siti Ragil Handayani Universitas Brawijaya

Abstract

ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS LAYANAN DAN KEMATANGAN SISTEM INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DAN MANFAAT BERSIH

(STUDI PADA PEMAKAI SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIMAK) SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER (STMIK) EL RAHMA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ATRIBUT COBIT FRAMEWORK 4.1 )

ABSTRAK

Dunia pendidikan memiliki tantangan yang sangat besar diantaranya adalah peran serta dunia pendidikan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk menghadapi tantangan tersebut, maka institusi perguruan tinggi membutuhkan dukungan akan sistem informasi yang baik, agar semua kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan efisien, efektif, meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan serta juga dapat meningkatkan keunggulan kompetitif.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1. Untuk menguji pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pemakai SIMAK. 2. Untuk menguji pengaruh kepuasan pemakai terhadap manfaat bersih. 3. Untuk menguji pengaruh kematangan SIMAK menggunakan atribut COBIT Framework 4.1 terhadap kepuasan pemakai dan manfaat bersih.

Sampel dalam penelitian berjumlah 150 yang disebar kepada pemakai sistem informasi akademik pada STMIK El Rahma Yogyakarta , yang terdiri dari seluruh dosen, pegawai yang menggunakan dan mengembangkan SIMAK serta mahasiswa. Metode Analisa Data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil uji menunjukkan :1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas sistem terhadap kepuasan pemakai. 2. Terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan kualitas informasi terhadap kepuasan pemakai. 3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan terhadap kepuasan pemakai. 4. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan pemakai terhadap manfaat bersih. 5. Terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan kematangan sistem informasi terhadap kepuasan pemakai. 6. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kematangan sistem informasi terhadap manfaat bersih.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi Akademik, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pemakai, Kematangan Sistem Informasi Atribut COBIT Framework 4.1, Manfaat Bersih.

 

 

 

 

ABSTRACT


Education Institution has enormous challenges include the role of education in preparing qualified human resources and the development of science and technology. To address these challenges, the higher education institutions need to support good information system, so that all activities are carried out can be run efficiently, effectively, improving the quality of education and services, and also can improve competitive advantage.

The purpose of this study was to: 1. Analise effect of system quality, information quality and service quality on academic information system (SIMAK) user satisfaction. 2. Analise effect net benefits on user satisfaction. 3. Analise effect of maturity information system on user satisfaction and net benefits.

The sample totaled 150 are distributed to users of academic information system at STMIK El Rahma Yogyakarta , which consists of lecturer, employees who use and develop SIMAK and students. Methods of Data Analysis using Partial Least Square (PLS). The test results showed: 1. There is a positive and significant impact quality of system on user satisfaction. 2. There is a positive but not significant effect of information quality on user satisfaction. 3. There is a positive and significant impact  quality of service on user satisfaction. 4. There is a positive and significant impact of net benefits on user satisfaction. 5. There is positive impact but not significant maturity of information system on user satisfaction. 6. There is a positive and significant impact on information systems maturity to net benefits.

 

 

Keywords : Academic Information Systems, System Quality, Information Quality, Service Quality, User Satisfaction, Information Systems Maturity Attributes COBIT Framework 4.1, Net Benefits.

 

Author Biographies

Dedy Ardiansyah, Universitas Brawijaya

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Kertahadi Kertahadi, Universitas Brawijaya

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Siti Ragil Handayani, Universitas Brawijaya

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Downloads