ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA TENAGA KEPENDIDIKAN SEKOLAH (Studi pada Tenaga Kependidikan di Sekolah Milik Perkumpulan Dharmaputri Melalui Model UTAUT)

Yohanes Adven Sarbani, Endang Siti Astuti, Kertahadi Kertahadi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis Penggunaan TI pada Tenaga Kependidikan Sekolah milik Perkumpulan Dharmaputri melalui Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Secara spesifik tujuan dari penelitian ini untuk (1) menguji pengaruh Ekspektasi Kinerja terhadap Niat Keperilakuan, (2) menguji pengaruh Ekspektasi Usaha terhadap Niat Keperilakuan, (3) menguji pengaruh Pengaruh Sosial terhadap Niat Keperilakuan, (4) menguji pengaruh Kondisi-kondisi Pemfasilitasi terhadap Perilaku Menggunakan, dan (5) menguji pengaruh Niat Keperilakuan terhadap Perilaku Menggunakan.

Penelitian ini termasuk penelitian eksplanatory research. Metode pengambilan sampel dengan metode nonprobability sampling. Teknik sampel yang digunakan adalah sensus. Terdapat 65 responden dalam penelitian ini. Metode analisis data menggunakan Generalized Structured Component Analysis (GSCA) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ekspektasi Kinerja tidak berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan. (2) Ekspektasi Usaha berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan. (3) Pengaruh Sosial berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan. (4) Kondisi-kondisi Pemfasilitasi berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Menggunakan. (5) Niat Keperilakuan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Menggunakan.

 

Kata kunci: Model UTAUT, Penggunaan Teknologi Informasi, Tenaga Kependidikan, GSCA.

 

ABSTRACT

This study aims to analyze the use of IT in academic staff of schools belonging Perkumpulan Dharmaputri via Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Model. Specifically the purpose of this study was to (1) examine the effect of Performance Expectancy on Behavioral Intentions, (2) examine the effect of Effort Expectancy on Behavioral Intentions, (3) examine the effect of Social Influence influence on Behavioral Intention, (4) examine the effect of Fasilitating Conditions on Using Behavioral, and (5) examine the effect of Behavioral Intention on Using Behavioral.

This research is explanatory research. Sampling methods is nonprobability sampling method. Sampling technique used is census. There were 65 respondents in this study. Methods of data analysis using Generalized Structured Component Analysis (GSCA) results of this study indicate that (1) Performance Expectancy no significant effect on Behavioral Intention. (2) Effort Expectancy significant effect on Behavioral Intention. (3) Social Influence significant effect on Behavioral Intention. (4) Facilitating Conditions significantly effect on Usage Behavior. (5) Behavioral Intention significantly effect on Usage Behavior.

Key words: UTAUT Model, Use of Information Technology, Academic Staff, GSCA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.