PEMBUATAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN WEBSITE RESMI MUSEUM BRAWIJAYA SEBAGAI DISEMINASI MEMORI KOLEKTIF DAN NILAI-NILAI NASIONALISME
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.profit.2022.-16.01.13Keywords:
pariwisata, museum, sejarah, website, pendidikan, wisata minat khususAbstract
Dewasa ini, pariwisata mengalami lonjakan aktivitas yang sangat besar. Perpindahan manusia untuk melakukan kunjungan wisata melonjak dan menyebabkan industri pariwisata menjadi industri yang menjanjikan. Di sisi lain dengan adanya pandemi COVID-19 yang merebak, menghantam pertumbuhan yang terjadi dan memaksa semua sektor termasuk pariwisata untuk menyesuaikan diri dengan “serangan” pandemi. Museum merupakan salah satu objek pariwisata yang menawarkan nostalgia akan sebuah kejadian di masa lampau. Museum menawarkan kegiatan pembelajaran dan juga rekreasi di saat yang bersamaan. Di masa pandemi seperti saat ini, turisme berbasis virtual menjadi primadona, hal ini dikarenakan penetapan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah terjadinya penularan virus COVID-19. Dengan tren penurunan jumlah kunjungan wisatawan, maka dipandang perlu bagi museum Brawijaya Kota Malang untuk memiliki situs web sebagai sarana komunikasi dan juga sarana pembelajaran bagi wisatawan minat khusus. Kegiatan pengelolaan website museum Brawijaya ini akan menjadi salah satu cara untuk diseminasi memori kolektif dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme di kalangan anak muda dan pelajar.References
Ban ̃ os, R. M., Botella, C., Alcan ̃ iz, M., Lian ̃ o, V., Guerrero, B., & Rey, B. (2004). Immersion and emotion: their impact on the sense of presence. Cyberpsychology & Behavior, 7(6), 734–741.
Doran, Rouven; Daniel Hanss; Svein Larsen (2015), Attitudes, efficacy beliefs, and willingness to pay for environmental protection when travelling, Tourism and Hospitality Research, Vol. 15(4) 281–29
Ermi, L and F. Mayra (2005), “Fundamental Components of the Gameplay Experience: Analysing Immersion,” Proceedings of the DiGRA Conference on Changing Views: Worlds in Play, Vancouver, 16-20 June 2005
Gunttentag, Daniel A. (2010).Virtual reality: Applications and implications for tourism, Tourism Management 31 (2010) 637–651.
Gutie ́ rrez, M., Vexo, F., & Thalmann, D. (2008). Stepping into virtual reality. London: Springer.
Handoko, Irfan Tri, Alfian Muflih Huda, Sahna Melly Marselina, Rahmadi Wijaya, S.Si., M.T., Fat’hah Noor Prawita, S.T., M.T. (2015) Bandung Advanced Tour Game Petualangan Wisata Bandung Berbasis Mobile Menggunakan Teknologi Virtual Reality, e-Proceeding of Applied Science : Vol.1, No.2 Agustus 2015 | Page 1187-1197
Hyun, M.Y., & O’Keefe, R.M. (2012). Virtual destination image: Testing a telepresence model. Journal of Business Research, 65, 29-35
Klein, L.R. (2003). Creating virtual product experiences: The role of telepresence. Journal of Interactive Marketing, 17(1), 41-55.
Sanchez-Vives, M. V., & Slater, M. (2005). From presence to consciousness through virtual reality. Nature Reviews Neuroscience, 6(4), 332–339
Slater, M (2003) “A Note on Presence Terminology,” Presence-Connect, Jan. 2003; http://presence.cs.ucl.ac.uk/presenceconnect/articles/Jan2003/melslaterJan272 00391557/melslaterJan27200391557.html
Spielmann, Nathalie, Antonia Mantonakis, Barry J. Babin, and Aikaterina Manthiou (2016) ,"The Telepresence Effect: Changing Attitudes Via Virtual Tours in Marketing Communications", in NA - Advances in Consumer Research Volume 44, eds. Page Moreau and Stefano Puntoni, Duluth, MN : Association for Consumer Research, Pages: 759-759.
Suh, K.-S., & Lee, Y.E. (2005). The effects of virtual reality on consumer learning: An empirical investigation. MIS Quarterly, 29(4), 673-697.
Tussyadiah, I.P., Wang, D., & Jia, C.H. (2017). Virtual reality and attitudes toward tourism destinations. In Schegg, R., & Stangl, B. (Eds.), Information and Communication Technologies in Tourism 2017. Springer International Publishing
Vince, J. (2004). Introduction to virtual reality. New York: Springer.
Witmer, Bob G and Michael J Singer (1998). Measuring presence in virtual environments: A presence questionnaire. Presence: Teleoperators and virtual environments, 7(3):225-240.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License