PEMBUATAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN WEBSITE RESMI MUSEUM BRAWIJAYA SEBAGAI DISEMINASI MEMORI KOLEKTIF DAN NILAI-NILAI NASIONALISME

Authors

  • Sunarti Sunarti Fakultas Ilmu Administrasi universitas Brawijaya
  • Aniesa Samira Bafadhal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
  • widyo sulistyo Fakultas ilmu Administrasi universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.profit.2022.-16.01.13

Keywords:

pariwisata, museum, sejarah, website, pendidikan, wisata minat khusus

Abstract

Dewasa ini, pariwisata mengalami lonjakan aktivitas yang sangat besar. Perpindahan manusia untuk melakukan kunjungan wisata melonjak dan menyebabkan industri pariwisata menjadi industri yang menjanjikan. Di sisi lain dengan adanya pandemi COVID-19 yang merebak, menghantam pertumbuhan yang terjadi dan memaksa semua sektor termasuk pariwisata untuk menyesuaikan diri dengan “serangan” pandemi. Museum merupakan salah satu objek pariwisata yang menawarkan nostalgia akan sebuah kejadian di masa lampau. Museum menawarkan kegiatan pembelajaran dan juga rekreasi di saat yang bersamaan. Di masa pandemi seperti saat ini, turisme berbasis virtual menjadi primadona, hal ini dikarenakan penetapan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah terjadinya penularan virus COVID-19. Dengan tren penurunan jumlah kunjungan wisatawan, maka dipandang perlu bagi museum Brawijaya Kota Malang untuk memiliki situs web sebagai sarana komunikasi dan juga sarana pembelajaran bagi wisatawan minat khusus. Kegiatan pengelolaan website museum Brawijaya ini akan menjadi salah satu cara untuk diseminasi memori kolektif dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme di kalangan anak muda dan pelajar.

References

Ban ̃ os, R. M., Botella, C., Alcan ̃ iz, M., Lian ̃ o, V., Guerrero, B., & Rey, B. (2004). Immersion and emotion: their impact on the sense of presence. Cyberpsychology & Behavior, 7(6), 734–741.

Doran, Rouven; Daniel Hanss; Svein Larsen (2015), Attitudes, efficacy beliefs, and willingness to pay for environmental protection when travelling, Tourism and Hospitality Research, Vol. 15(4) 281–29

Ermi, L and F. Mayra (2005), “Fundamental Components of the Gameplay Experience: Analysing Immersion,” Proceedings of the DiGRA Conference on Changing Views: Worlds in Play, Vancouver, 16-20 June 2005

Gunttentag, Daniel A. (2010).Virtual reality: Applications and implications for tourism, Tourism Management 31 (2010) 637–651.

Gutie ́ rrez, M., Vexo, F., & Thalmann, D. (2008). Stepping into virtual reality. London: Springer.

Handoko, Irfan Tri, Alfian Muflih Huda, Sahna Melly Marselina, Rahmadi Wijaya, S.Si., M.T., Fat’hah Noor Prawita, S.T., M.T. (2015) Bandung Advanced Tour Game Petualangan Wisata Bandung Berbasis Mobile Menggunakan Teknologi Virtual Reality, e-Proceeding of Applied Science : Vol.1, No.2 Agustus 2015 | Page 1187-1197

Hyun, M.Y., & O’Keefe, R.M. (2012). Virtual destination image: Testing a telepresence model. Journal of Business Research, 65, 29-35

Klein, L.R. (2003). Creating virtual product experiences: The role of telepresence. Journal of Interactive Marketing, 17(1), 41-55.

Sanchez-Vives, M. V., & Slater, M. (2005). From presence to consciousness through virtual reality. Nature Reviews Neuroscience, 6(4), 332–339

Slater, M (2003) “A Note on Presence Terminology,” Presence-Connect, Jan. 2003; http://presence.cs.ucl.ac.uk/presenceconnect/articles/Jan2003/melslaterJan272 00391557/melslaterJan27200391557.html

Spielmann, Nathalie, Antonia Mantonakis, Barry J. Babin, and Aikaterina Manthiou (2016) ,"The Telepresence Effect: Changing Attitudes Via Virtual Tours in Marketing Communications", in NA - Advances in Consumer Research Volume 44, eds. Page Moreau and Stefano Puntoni, Duluth, MN : Association for Consumer Research, Pages: 759-759.

Suh, K.-S., & Lee, Y.E. (2005). The effects of virtual reality on consumer learning: An empirical investigation. MIS Quarterly, 29(4), 673-697.

Tussyadiah, I.P., Wang, D., & Jia, C.H. (2017). Virtual reality and attitudes toward tourism destinations. In Schegg, R., & Stangl, B. (Eds.), Information and Communication Technologies in Tourism 2017. Springer International Publishing

Vince, J. (2004). Introduction to virtual reality. New York: Springer.

Witmer, Bob G and Michael J Singer (1998). Measuring presence in virtual environments: A presence questionnaire. Presence: Teleoperators and virtual environments, 7(3):225-240.

Downloads

Published

2022-01-31