STIMULUS STORE ENVIRONMENT DALAM MENCIPTAKAN EMOTIONAL RESPONSE DAN PENGARUHNYA TERHADAP IMPULSE BUYING (Survei pada Pembeli di Carrefour Mitra I Malang)

Inggrid Sinaga, Suharyono Suharyono, Srikandi Kumadji

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh design factor terhadap emotional response yang dirasakan konsumen 2) menganalisis dan menjelaskan pengaruh ambient factor terhadap emotional response yang dirasakan konsumen 3) menganalisis dan menjelaskan pengaruh social factor terhadap emotional response yang dirasakan konsumen dan 4) menganalisis dan menjelaskan pengaruh emotional response yang dirasakan konsumen terhadap impulse buying. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatory. Metode pengambilan data dengan teknik survai. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pembeli di Carrefour Mitra I Malang, dengan jumlah sampel 75 orang dan teknik pengambilan sampelnya adalah accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)design factor berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap emotional response, 2)ambient factor berpengaruh signifikan terhadap emotional response, 3)social factor berpengaruh signifikan terhadap emotional, response, dan yang terakhir 4)emotional response berpengaruh signifikan terhadap impulse buying.

Kata Kunci: Store Environment, Design Factor, Ambient Factor, Social Factor, Emotional Response, dan Impulse Buying


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.