ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN PENGUSAHA UKM (Studi pada UKM Kota Malang)

Maria Goretti Wi Endang N P

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasi berwirausaha pengusaha kecil dan menengah (UKM) dan mengetahui tingkat keberhasilan pengusaha UKM di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah memiliki visi dan tujuan yang jelas. 66% dari responden sangat setuju merupakan mempunyai orientasi ke masa depan, 57% sangat setuju untuk berkarsa dan berkarya serta 43% telah menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang telah ada. Mereka juga mencari peluang dan tantangan yang dibuktikan 55% sangat setuju untuk pernyataan tersebut dan 38% responden setuju mereka tidak cepat puas dengan keadaan yang sekarang.  Dalam hal inisiatif dan proaktif lebih dari 50% responden sangat setuju untuk tidak berhenti belajar (69%), selalu ingin mencoba sesuatu yang baru (60%), berkeinginan dan berani mencoba melakukan usaha (62%) dan mempunyai perencanaan untuk menjamin kesuksesan dan keunggulan (48%). Untuk variabel ke-3 yaitu berorientasi pada prestasi, 78% responden sangat setuju untuk mempunyai komitmen dan tanggung jawab terhadap pekerjaannya, jeli melihat dan memanfaatkan peluang (57%) serta 45% dan 41% memerlukan umpan balik dari selalu optimis dalam situasi yang kurang menguntungkan. 79% responden sangat setuju berorientasi terhadap laba dari usaha yang dilakukan.  Berani mengambil resiko, itulah  yang dilakukan oleh seorang wirausaha, dimana sebanyak 64% berani menembus ketidakpastian usaha, 55% resiko telah diperhitungkan dengan cermat, hati-hati dan bersifat antisipatif, sebanyak 48% responden mempunyai kemauan dan kemampuan untuk mengambil resiko dan 52% berupaya menekan atau memperkecil resiko. Lebih dari 50% responden telah bekerja keras untuk menjalankan usahanya. Untuk mencapainya, mereka sangat disiplin (60%) dalam bekerja, dapat mengatur waktu dengan baik (55%), tidak mengeluh dan tidak kapok dalam berusaha (64%). Pada akhirnya mereka menjadi seorang yang workaholic yang dibuktikan sebanyak 66% responden sangat setuju. Mereka sangat bertanggung jawab terhadap pekerjaannya (57%), sehingga mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik (55%) serta mampu memenuhi kewajibannya dengan tepat (72%) responden. Mereka juga mampu mengembangkan dan memelihara hubungan dengan jaringan kerja yang cukup kuat sebanyak 66% responden. Sebesar 60%, 69% dan 55% responden menyatakan sangat setuju untuk selalu memperhatikan pelanggan, pemasok, dan karyawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.